Namun artikel kali ini mengulas tentang bagaimana cara membuat form kontak dengan menggunakan google docs. Bagaimana caranya, ikuti step pembuatannya berikut ini;
- Buka google docs, sign in menggunakan account google anda.
- Setelah berhasil login, klik pada tombol 'New' di sebelah kiri atas kemudian pilih 'SpreadSheet'.
- Pada lembar spreadsheet klik menu 'Form' kemudian pilih 'Create a Form'.
- Ganti tulisan 'Untitled Form' dengan judul form anda, misalnya 'Hubungi Saya', 'Kontak Saya', 'Contact Me' dlsb. Isikan kotak di bawahnya dengan kata pembuka kontak form anda, misalnya 'Anda dapat menghubungi saya dengan menggunakan kontak form di bawah'.
- Putuskan elemen apa saja yang akan anda sisipkan pada kontak form, saya ambil contoh di sini misalnya form akan mempunyai 4 elemen di antaranya ; "Nama, eMail, Subject Pesan, dan Isi Pesan".
- Cara membuat elemen nama pengirim pesan. Ganti tulisan 'Question Title' pada lembar kerja form dengan 'Nama'. Text field 'Help Text' dapat anda kosongkan, 'Question Type' pilih 'Text', centang checkbox 'Make this a requeired question' jika text field nama tidak boleh dikosongkan (wajib diisi).
- Membuat elemen alamat pengirim email. Klik pada tombol 'Add Question' sebelah kiri atas kemudian pilih 'Text', cara sama seperti pada elemen nama namun isikan 'Question Title' nya dengan 'eMail'.
- Membuat elemen subject pesan. Ada dua cara yang dapat di lakukan, pertama sama seperti kedua cara di atas hanya saja 'Question Title' anda isikan dengan 'Subject Pesan', kedua dengan menggunakan 'Multiple Choice'. Untuk multiple choice cara pembuatannya, klik 'Add Question' pada tombol sebelah pojok kiri atas kemudian pilih 'Multiple Choice'. Isikan 'Question Title' dengan 'Subject Pesan'. Misal 'Option 1' anda isikan dengan 'Pesan Biasa', kemudian klik pada kotak di bawahnya dan isikan 'option 2' dengan 'Saran', klik kotak dibawahnya lagi dan isikan 'option 3' dengan 'Request'. Kemudian klik pada tulisan 'add "Other"' di bawahnya, klik 'Done'.
- Terakhir membuat kotak isi pesan. Caranya klik pada tombol 'Add Question' sebelah kiri atas kemudian pilih 'Paragraph Text', isikan 'Question Title' dengan 'Tulis Pesan Anda Di Sini', klik 'Done'.
- Selanjutnya klik pada tombol 'More Action' sebelah pojok kanan atas kemudian klik 'Edit Confirmation'. Ketikkan kalimat ucapan penutup anda, misalnya 'Terima kasih telah menghubungi saya. Pesan anda akan saya balas secepatnya'.Klik pada tombol 'Save' sebelah pojok kanan atas.
- Next, Klik pada 'More Action' pilih 'Embed'. Copykan code HTML dan paste di web/blog anda. Sekarang coba test kontak form yang baru saja anda buat, isikan datanya terserah, klik tombol 'kirim (send)'.
- Selesai. Jika ingin melihat kotak pesan yang telah masuk cukup login ke account google anda kemudian buka google dock. Buka spreadsheet anda, lihat pesan-pesan yang dikirimkan melalui kontak form anda.
Hasilnya akan seperti ini:
Lihat juga videonya di bawah.
Video Tutorial Form Kontak Google Docs
Done. Have Fun...
:D
Thx ya boss, ane sdh ikutin panduannya and bagus sekali, semoga ilmu anda menjadi oahala. Dan ini sangat berguna bagi yang membutuhkan. seperti saya.
BalasHapusSiip..Gan....makasih banyak....
BalasHapusThanks banget gan, emang ane lagi nyari untuk bikin form pemesanan barang...
BalasHapusDi coba dulu, thanks infonya
BalasHapus[...] pada posting sebelumnya saya menjelaskan cara membuat form kontak dengan menggunakan google docs & online form generator, sekarang saya akan coba posting "Cara Membuat Kontak Form Dengan [...]
BalasHapus[...] posting yang lalu tentang ‘Bagaimana membuat form kontak menggunakan google docs’, kali ini saya ingin sharing trik yang nggak jauh beda dengan postingan yang lalu. Bedanya trik [...]
BalasHapus[...] Dan masih banyak fungsi lainnya seperti misalnya dapat anda gunakan untuk membuat kontak form. [...]
BalasHapus