Test Block Top

The Blog...
Articles, Tips & Trick and Other Interesting Information...

14 Februari 2010

Tweak Loading Speed Halaman Web/Blog

Menjengkelkan dan kadang bikin frustasi memang jika buka website atau blog tetapi loading pagenya lemot alias lama terbukanya. Bagi masyarakat negara maju seperti Jepang atau Amerika mungkin tidak terlalu dianggap serius, tapi bagi masyarakat kita yang speed browsing internetnya pas-pasan tentu saja bikin gregetan.

Loading page time jika dilihat dari sisi pengguna internet merupakan salah satu faktor penentu kembali atau tidaknya mereka mengunjungi blog/website. Bila loading page website/blog memakan waktu yang lama, kemungkinan pengunjung akan menutup jendela browser atau menekan tombol 'Back' atau membuka website lain yang loading pagenya lebih cepat. Yang pasti ujung-ujungnya mereka akan enggan untuk mampir lagi ke website/blog kita dikemudian hari.

Jika traffic adalah fokus perhatian anda saat ini, mulailah mempertimbangkan bagaimana cara mengoptimalkan blog/website yang anda buat. Berikut sedikit tips mempercepat loading page halaman blog/website:
  1. Blog/website dengan warna dan background yang menarik, bermacam image (gambar) menjadikan blog kelihatan sangat bagus. Tetapi efeknya request download time source image memakan waktu yang cukup lama. Usahakan memasang image seperlunya saja, dan juga tombol navigasi jika memungkinkan jangan memakai image background. Tombol navigasi menggunakan teks lebih efisien, atau gunakan background warna.
  2. Script pihak ketiga seperti misalnya iklan, blog assesoris, dan script lainnya usahakan pasang seperlunya saja. Script ini lumayan banyak mengkonsumsi resource koneksi internet visitor. Usahakan meletakkan script pada bagian paling bawah sehingga akan di load paling akhir.
  3. Jika blog anda mempunyai banyak konten, usahakan jangan menampilkan konten lengkap pada halaman utama. Ringkas isi konten pada halaman utama dan buat link yang mengarah pada konten lengkapnya. Kurangi jumlah konten yang di tampilkan pada halaman utama, semakin sedikit konten yang ditampilkan pada halaman utama semakin cepat loading page halaman utamanya.
  4. Jika ingin buat blog atau sewa hosting, usahakan memilih blog atau hosting yang servernya stabil. Sehingga eksistensi blog atau website anda stabil juga.
Semoga bermanfaat & have fun...
:D

7 komentar:

  1. Kalo di wapsite ku
    www.bennyx.wap.sh
    cara gimana?

    BalasHapus
  2. tepat sekali,,,siiiip

    BalasHapus
  3. dengan menambah atribut W/H gambar apa juga bisa mempercepat loading konten blog ketika di load pertama kali...???

    saya masih bingung dimana letak penyebab lambatnya blog saya ketika di load pertama kali... mohon pencerahanya guru...!

    BalasHapus
  4. InsyaAllah ntar saya mampir ke blognya mas Putra, jangan panggil saya guru dong, kan masih sama-sama menimba ilmu. Terserah kek mau panggil saya apa, asal jangan panggil guru, master, juragan & kawan-kawannya.

    BalasHapus
  5. [...] trik W3 Total Cache di atas gagal atau hasilnya kurang memuaskan, optimalkan loading page halaman web dengan cara manual. [...]

    BalasHapus
  6. makasih banyak untuk informasinya juragan, sangat berguna dan bermanfaat bagi saya.

    BalasHapus

Loncat ke Atas ↑