Test Block Top

The Blog...
Articles, Tips & Trick and Other Interesting Information...

11 Mei 2012

Repair 'wp_posts' Crashed Database WordPress

Beberapa saat yang lalu, kaget ketika login pada situs WordPress milik saya. Posting, page, comment, custome menu semuanya HILANG begitu saja.
WordPress Table Database Crashed wp_posts

Screenshot 1

WordPress Table Database Crashed wp_posts 3

Screenshot 2

Sempat terlintas dibenak, mungkin situsku kena hack!!! Hehe... nggak mau buru-buru ambil kesimpulan, coba cek dulu database di Webmin. Ternyata oh... ternyata..., table wp_post crashed dengan pesan error:

Error Message:

SQL show index from 'wp_posts' failed:Table './wordpress/wp_posts' is marked as crashed and should be repaired
WordPress Database Table Crashed wp_posts 1

Screenshot 3

Begitu juga pada halaman phpMyAdmin yang manampakkan pesan error serupa:

Error Message:

#145 - Table './wordpress/wp_posts' is marked as crashed and should be repaired
WordPress Database Table Crashed Error wp_posts 4

Screenshot 4

Bagi anda yang mempunyai masalah serupa dengan saya, jangan panik!! Berikut cara repair database table error (wp_posts) WordPress. Pertama login pada halaman phpMyAdmin, kemudian klik pada database WordPress anda → centang checkbox wp_posts → pada dropdown menu pilih Repair table → kemudian klik tombol Go (Screenshot lihat pada gambar di bawah).
WordPress Database Table Crashed wp_posts 5

Screenshot 5

Jika repair berhasil, anda akan menerima pesan konfirmasi sukses yang bertuliskan (Gambar; lihat pada screenshot di bawah):

Success Message:

Your SQL query has been executed successfully
REPAIR TABLE 'wp_posts'
Table 'wordpress.wp_posts', Operation 'repair', Message type 'status', Message 'OK'

WordPress Database Table Crashed wp_posts 6

Screenshot 6

Sampai di sini situs WordPress sudah kembali seperti semula (normal). Posting, page, comment, custome menu dan elemen-elemen lainnya yang hilang akan kembali muncul.

Untuk menghindari kejadian serupa pada situs WordPress anda dilain waktu, berikut ada sedikit tips yang bisa anda terapkan:
  1. Backup database WordPress secara berkala baik itu menggunakan plugin WordPress database backup atau langsung via halaman interface phpMyAdmin.
  2. Optimalkan Database MySQL. Cek overhead table & lakukan table optimizing pada halaman phpMyAdmin setidak-tidaknya sebulan sekali.
  3. Sedia payung sebelum hujan. Lakukan full website backup, tidak menutup kemungkinan error atau gangguan lain pada server bisa menimpa account-account anda yang lain (email, addon domain, subdomain, dlsb) kapan & dimana saja. Jika control panel website anda menggunakan cPanel, lakukan full website backup pada halaman interface cPanel.
Selesai. Semoga bermanfaat.
:)

1 komentar:

  1. [...] Lakukan pengecekan overhead table & table sampah (junk table) setidak-tidaknya satu bulan sekali untuk menghindari table crash. [...]

    BalasHapus

Loncat ke Atas ↑