Test Block Top

The Blog...
Articles, Tips & Trick and Other Interesting Information...

14 Februari 2010

Default Program Problem

Tanda Centang 'Always use the selected program to open this kind of program' Non Aktif (buram)




Kemarin iseng-iseng buat file javascript untuk merubah setting registry dan setelah jadi coba saya buka, eh.. ternyata kebukanya selalu di program Adobe Dreamweaver. Karena memang dari awal file extention js di komputer saya setting default dijalankan oleh program ini. Saya coba berbagai macam cara termasuk dengan menjalankan command promt windows tetap saja terbuka di dreamweaver

Saya coba lagi merubah default program untuk file js ini menggunakan explorer windows, eh.. ternyata malah makin kacau. Nggak berhenti-berhenti explorer menjalankan file js ini hingga konsumsi processor full capacity (100% usage). Di coba force end task melalui jendela task manager nggak bisa-bisa, mau nggak mau restart komputer. Setelah restart, saya coba kembalikan default program untuk file js ini ke dreamweaver, anehnya default program untuk file js ini tetap dijalankan oleh explorer. Ternyata awal mula permasalahan ini timbul ketika memilih default program explorer, saya centang checkbox 'Always use the selected program to open this kind of program'. Ketika akan saya kembalikan default program file js ini ke dreamweaver, checkbox tersebut blur (tidak aktif/tidak dapat diklik).

Nah.. barangkali pembaca ada yang mengalami permasalahan seperti yang saya alami, begini solusinya: Buka registry editor windows dengan cara jalankan menu run command (Windows + Ctrl R) ketikkan 'regedit'. Navigasikan ke:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\FileExts\[extention anda contoh: .js]

Jika registry windows tidak bisa dibuka (ter-lock oleh program tertentu), lihat solusinya di sini:

http://linggihnote.blogspot.com/2010/10/exe-windows-media-center-problem.html

Expand file extention, cari dan hapus folder 'UserChoice'. Setelah terhapus kembali ke file yang ingin anda rubah default programnya, contoh dalam kasus saya file extention .js => klik kanan => 'Open With' pilih program default anda.

Selesai program default sudah berubah.

4 komentar:

  1. kok tetep g bisa .......... buka regedit aj ga, bisa ap solusinya ???????????????

    BalasHapus
  2. samaaaa...aku juga gak bisa...gmn caranya???

    BalasHapus
  3. pleaaseeeee help meeeeT.T

    BalasHapus

Loncat ke Atas ↑