Test Block Top

The Blog...
Articles, Tips & Trick and Other Interesting Information...

14 Februari 2010

Organic/Natural Listing SEO

Website/blog sudah jadi, konten sudah ada dan siap dipublikasikan, status sudah online. Selanjutnya tinggal menunggu visitor datang ke website anda. Apakah semudah itu??? Masih ada yang kurang, jangan lupa daftarkan (submit) website / blog anda ke beberapa direktori pencarian (search engine). Kenapa harus??? Tanpa ini kecil peluang orang akan menemukan website anda via search engine, karena website atau blog anda tidak ada (belum terindex) pada database pencarian. Alasan inilah yang mengharuskan anda untuk mendaftarkan (submit) website / blog ke direktori search engine.

Metode seperti ini dikenal dengan istilah 'Natural Listing (Organic Listing)'. Sebelum anda melakukan natural listing, ada baiknya jika meninjau (review) ulang website atau blog anda secara menyeluruh. Review ulang seperti apa yang saya maksudkan?
  1. Analisa keyword Anda, periksa statistiknya, pilih keyword yang sekiranya akan mendatangkan trafik yang ramai. Lihat Panduan Membuat Keyword, lihat juga Cara Menempatkan Keyword.
  2. Usahakan membuat konten yang masih fresh (segar/baru), konten berisi informasi lama jangan di posting (masukkan ke arsip). Yang paling penting utamakanlah kualitas dari pada kuantitas.
  3. Buat text link dan sitemap (peta halaman) website / blog anda sebelum submit. Usahakan setidaknya mempunya satu sitemap, karena akan memudahkan search engine crawl website anda.
  4. Usahakan membuat website yang pantas (tidak asal-asalan) dengan navigasi yang mudah, visitor akan merasa betah selama mangkir di website / blog anda.
  5. Buatlah Meta Tag yang relevan untuk memudahkan search engine menganalisa konten situs/blog. Lihat panduan membuat meta tag pada website / blog. Jika sudah submit website anda pada beberapa direktori search engine di bawah ini (semua gratis);
Semoga bermanfaat...
:D

1 komentar:

  1. [...] PPC (pay-per-click) networks seperti Google Adsense contohnya (tidak gratis/layanan berbayar), submit ke search engine directory (traffic dari SERP), optimalkan tag & keyword SEO pada konten artikel, Guest Posting Service (tulis artikel pada [...]

    BalasHapus

Loncat ke Atas ↑